Sabtu, 10 Maret 2012

Anak SMA

Pas aku lagi nulis post ini, di depan aku ada segerombolan anak SMA lagi teriak ketawa-ketawa. Perasaan aku langsung campur aduk. Aku keinget masa-masa ketika aku di posisi mereka, waktu aku masih di Lombok. Waktu itu Lombok belum ada gubernur kayak sekarang, masih dipimpin sama Gatot Kaca. Daerah Senggigi masih pegunungan. Sangkareang masih jadi danau. Boro-boro ada mall, pendopo gubernur aja temboknya daun kelapa.

Buat anak-anak yang baru lulus SMA, dunia seakan dalam genggaman. Kita merasa seakan-seakan sudah menaklukkan dunia. Semua kerja keras dan pengorbanan terbayar lunas dengan kelulusan. Jadi jangan heran kalau mereka terlihat agak berlebihan pas lagi selebrasi kelulusan. Itu benar-benar wajar.

Menurut aku, lulus SMA itu maknanya lebih besar dari sekedar 'Lulus Sekolah'. Aku ngerasa kalau sudah lulus SMA, berarti kita juga sudah lulus disalah satu tahap terpenting dalam kehidupan yang sangat krusial ini.

Apa itu Krusial? Entahlah, aku juga nggak ngerti.

Waktu aku SMP, aku selalu iri ngeliat anak SMA. Tiap ngeliat orang pakai seragam putih abu-abu, aku langsung mupeng. Belum lagi kalau sudah ngeliat cewek-cewek SMA yang pakai baju ketat-ketat. Beeeh.. Kayaknya badan aku yang sudah mulai kebentuk bisa dipamerin. Badan aku waktu itu memang beda banget sama temen-temen seumuran aku yang masih rata kayak meja karambol. Dari sini aku langsung berambisi, "AKU HARUS CEPET-CEPET SMA!".

Waktu sudah SMA, aku benar-benar bahagia. Cita-cita aku pas SMP akhirnya terwujud. Aku bisa pakai seragam yang agak ketat, bisa pulang ke rumah agak maleman, dan yang paling penting: aku bisa  pacaran tanpa sembunyi-sembunyi! Tapi ternyata ini nggak berlangsung lama. Pas sudah kelas 3, aku ngerasa kalau SMA itu benar-benar neraka! Aku harus sekolah dari pagi sampai siang, di tambah bimbel dari siang sampai sore. I'm dying with this shit! 

Aku benar-benar pengen cepet lulus. Ditambah lagi godaan kuliah yang sangat menggiurkan. Bisa  ngecat  rambut, ke kampus bisa pakai baju bebas, dan yang paling penting buat aku adalah bisa lebih liar dari anak SMA. Semenjak itu ambisi aku berubah, "AKU HARUS CEPET-CEPET KULIAH!"

Sekarang, pas sudah kuliah, aku mulai nyesel sama ambisi-ambisi aku dulu. Semuanya nggak seindah yang aku bayangin. Kita harus mulai lagi semuanya dari nol. Walaupun dapet banyak temen baru, kenangan dengan sahabat SMA tetep nggak bisa tergantikan. Your college friends know who you are, but your highschool friends know why.

Jadi, buat adek-adek yang belum lulus, aku cuma mau bilang: nikmati prosesnya! Jangan pernah ngeluh buat ngelompatin keadaan yang sebenarnya kelak bakalan kalian kangenin. Nikmatin aja, bawa santai. Itu nggak bakal keulang lagi, loh.

Buat yang akan lulus, semangat ya. Kalian sudah jadi juara buat diri kalian sendiri. Tapi harus ingat juga kalau ini bukan akhir dari perjuangan, tapi awal dari kehidupan yang sebenarnya. Life's gonna be so hard, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar